Rabu, 06 April 2016

Program Kurikulum


KATA PENGANTAR

Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, taufiq, hidayah dan inayahNya sehingga kami selesai dalam menyusun Program Kerja Wakil Kepala Urusan Kurikulum SMP Islam Al-Hikmah Mayong Tahun Pelajaran 2015-2016. Sholawat dan salam semoga senantiasa tetap dicurahkan kepangkuan beliau Rosulullah Muhammad SAW.
Program ini disusun untuk memberikan arah yang jelas dalam usaha mempersiapkan dan menyelenggarakan proese pembelajaran di SMP Islam Al-Hikmah Mayong dan digunakan sebagai acuan dalam kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran 2015-2016. Dengan Program kurikulum ini  diharapkan agar pendidikan yang diselenggarakan di SMP Islam Al Hikmah dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan serta bimbingan demi terselesaikannya Program Kurikulum SMP Islam Al Hkmah Mayong ini semoga bantuan tersebut mendapat balasan yang lebih baik.
Dalam menyusun Program ini  kami berupaya semaksimal mungkin menyajikan konsep, perangkat, serta strategi yang ideal, namun kami menyadari hasilnya masih belum sempurna, untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.


BAB I
PENDAHULUAN

A. PENGERTIAN

Program Kerja Wakil Kepala Urusan Kurikulum adalah merupakan suatu rancangan yang sengaja disusun, berisi berbagai kegiatan ayang akan dilakukan dalam proses pembelajaran, baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler pada SMP Islam Al-Hikmah Mayong Tahun Pelajaran 2015/2016.
Program Kerja ini selain mengacu pada Kurikulum SMP Islam Al-Hikmah Mayong.  Program Kerja Wakil Kepala Urusan Kurikulum merupakan upaya penting dan sangat strategis, sebab bidang kurikulum secara langsung terkait dengan proses pendidikan (pembelajaran) sebagai bagian terpenting dari keberadaan suatu sekolah.  Maksud disusunnya Program Kerja ini adalah diharapkan dapat bermanfaat antara lain sebagai berikut :
1.          memberikan arah yang jelas dalam usaha mempersiapkan dan menyelenggarakan proese pembelajaran;
2.          mengkondisikan personal yang bertugas sebagai tenaga guru maupun pembantu pelaksana penyelenggaraan pendidikan ;
3.          memberikan kemudahan dalam mengidentifikasi hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran ;
4.          dapat menjadi pedoman kerja dalam usaha mempersiapkan dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah ;
5.          merupakan dokumen penting yang menjadi acuan, rujukan, tolok ukur atau pegangan dalam upaya penyelenggaraan proses pembelajaran,

B. LANDASAN

Yang dijadikan landasan operasional dalam penyusunan Program Kerja Wakil Keala Urusan Kurikulum di SMP Islam Al-Hikmah Mayong  adalah :
1.         Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional 
2.         Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.         Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
4.         Permendiknas No 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
5.         Permendiknas No 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian
6.         Permendiknas No 41Tahun 2007 tentang Standar Proses
7.         Keputusan Gubernur Jawa Tengah nomor 895.5/01/2005, tentang bahasa Jawa yang termasuk dalam kategori mata pelajaran
8.         Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Jepara No. 420/0192 Tahun 2015 Tentang Kalender Pendidikan Tahun 2015-2016
9.         Kalender Pendidikan SMP Islam Al-Hikmah Mayong Tahun 2015-2016

C. TUJUAN

Program Kerja Waka Urusan Kurikulum ini disusun dengan tujuan antara lain:
  1. untuk menyebarkan kegiatan pokok dan acuan dalam penyelenggaraan kurikulum di SMP Islam Al-Hikmah Mayong  Tahun 2015/2016 ;
  2. sebagai pedoman kerja bagi kepala sekolah yang didelegasikan kepada Wakil Kepala Urusan Kurikulum dalam menjabarkan pelaksanaan kegiatan ;
  3. untuk menentukan arah yang jelas dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;
  4. agar kegiatan penyelenggaraan pembelajaran Tahun Pelajaran 2015/2016 lebih terarah, terencana, tertib dan lancar ;
  5. untuk menunjang usaha sekolah dalam pemingkatkan mutu pendidikan, diantaranya tertib admninistrasi, optimalisasi proses pembelajaran baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;
  6. agar kegiatan pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien ;
  7. agar seluruh rangkaian kegiatan proses pembelajaran dapat dijadikan bahan perbaikan tahun yang akan datang

D. SASARAN

Program Kerja Wakil Kepala Urusan Kurikulum ini sengaja dibuat dengan sasaran adalah:
1.       Bagi urusan Kurikulum sebagai langkah awal perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kepada Kepala Sekolah ;
2.       Bagi Kepala Sekolah sebagai salah satu instrumen penilaian kinerja urusan Kurikulum dan proses pembelajaran pada umumnya ;
3.       Bagi para guru sebagai acuan dan pedoman dalam  perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran, penilaian dan remedial ; Bagi Komite Sekolah dalam rangka memberikan masukan demi peningkatan mutu pendidikan ;
4.       Bagi Pengawas dalam rangka memudahkan fungsi pembinaan dan kontrol dalam proses pembelajaran.
E.  VISI DAN MISI SMP ISLAM AL-HIKMAH MAYONG
 1.  Visi
” TERWUJUDNYA GENERASI YANG ISLAMI DAN BERPRESTASI”.
  1. Misi
1)      Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas                       
2)      Mewujudkan pembentukan karakter Islam berhaluan Ahlusunnah Waljamaah
3)      Mewujudkan pembentukan generasi muslim yang berjiwa besar , berpandangan luas dan santun
4)      Meningkatkan pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan
5)      Menyelenggarakan tata kelola sekolah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel

BAB II
STRUKTUR KURIKULUM
A.        Struktur Kurikulum
         Struktur kurikulum SMPIslam Al-Hikmah Mayong adalah sebagi berikut:

Komponen
Kelas dan Alokasi Waktu
VII
VIII
IX
 A.       Mata Pelajaran



 1. Pendidikan Agama
2
2
2
 2  Pendidikan Kewarganegaraan
2
2
2
 3. Bahasa Indonesia
4
4
4
 4. Bahasa Inggris
4
4
4
 5. Matematika
4
4
4
 6. Ilmu Pengetahuan Alam
4
4
4
 7. Ilmu Pengetahuan Sosial
4
4
4
 8. Seni Budaya
2
2
2
 9. Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
     Kesehatan
2
2
2
10.Teknologi Informasi dan 
      Komunikasi
2
2
2
 B.  Muatan Lokal  



1. Bahasa Jawa
2
2
2
2. Ketrampilan Ukir
2
2
2
  1. Aqidah Akhlaq
2
2
2
 C.  Pengembangan Diri: 
2*)
2*)
2*)
Jumlah
36+2*)
36+2*)
36+2*)

BAB III
PROGRAM KEGIATAAN

Program kegiatan bidang kurikulum meliputi tiga bidang kegiatan inti, yakni kegiatan belajar mengajar, penilaian, pengayaan dan remedial.

A.     Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan belajar mengajar sebagai salah satu kegiatan kurikulum meliputi kegiatan penyusunan program atau perencanaan dan pelaksanaan program itu sendiri.
Perencanaan yang harus dipersiapkan guru yang mengajar berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan  adalah
2.       Program Tahunan
3.       Program Semester
4.       Silabus
5.       Rencana Pembelajaran
Adapun pelaksanaan kegiatan pembelajaran (KBM) dilaksanakan sesuai Kalender Pendidikan yang telah diedarkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara dan Kalender Pendidikan SMP Islam al-Hikmah Mayong. Kalender pendidikan dan jadwal KBM terlampir.
B.     Penilaian
Kegiatan penilaian merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar. Kegiatan ini terbagi dalam beberapa bentukyakni:
1.         Ulangan Harian (tes formatif)
2.         Ulangan Tengah Semester yang dilaksanakan setiap satu semester sekali
3.         Ulangan umum (tes sumatif) yang dilaksanakan setiap satu semester sekali.
4.         Penilaian Tugas
5.         Penilaian sikap dan perilaku (baik di kelas maupun di luar kelas)
Pelaksanaan kegiatan Ulangan Harian, Tugas, penilaian sikap dan perilaku dilakukan secara terus menerus oleh guru dari sejak awal tahun pelejaran hingga akhir tahun pelajaran atau semester yang bersangkutan. Mulai tahun 2015/2016 setiap guru dituntut untuk membendel beberapa hasil karya siswa yang dapat dijadikan bahan penilaian portofolio
Adapun pelaksnaan kegiatan Ulangan Umum disesuaikan dengan kalender yang berlaku serta berdasarkan kesepakatan antar beberapa sekolah yang tergabung dalam Kelompok Musyawarah Kepala Sekolah.

C.     Pengayaan dan Remedial
Kegiatan Pengayaan dan  Remedial merupakan tindak lanjut pelaksanaan penilaian. Dengan ketentuan:  pengayaan diberikan kepada siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKM)  dan remedial diberikan kepada siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKM).
Adapun KKM SMP Islam Al-Hikmah Mayong pada tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebagai berikut:
No
Mata Pelajaran
Kelas VII
Kelas VIII
Kelas IX

  1.  
Pendidikan Agama Islam
75
75
75

  1.  
Pendidikan Kewarganegaraan
70
70
70

  1.  
Bahas Indonesia
70
70
70

  1.  
Bahasa Inggris
68
68
68

  1.  
Matematika
68
68
68

  1.  
Ilmu Pengetahuan Alam
68
68
68

  1.  
Ilmu Pewngetahuan Sosial
70
70
70

  1.  
Seni Budaya
75
75
75

  1.  
Penjasorkes
75
75
75
10.   
Teknologi Informasi dan Komunikasi
70
70
70
11.      
Aqidah Akhlaq
75
75
75
12.    
Bahasa Jawa.
70
70
70
13.    
Ketrampilan Ukir
75
75
75


D.       Rincian Program

No.
PROGRAM/
BENTUK KEGIATAN
SASARAN
TUJUAN
WAKTU PELAKSANAAN
1.
Penyusunan Program Kurikulum
Pendidik
Siswa
menyebarkan kegiatan pokok dan acuan dalam penyelenggaraan kurikulum di SMP Islam Al-Hikmah Mayong  Tahun 2015/2016
Juli 2015
2.
Menyusun Kalender Pendidikan
  Juli 2015
.
ü  Menyusun Kalender Pendidikan
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman kegiatan sekolah
  Juli 2015
3.
Meningkatkan pemahaman guru tentang KTSP
Juli 2015
ü  Melaksanakan Workshop Review KTSP
Pendidik
Memahami dan melaksanakan KTSP
 Juli 2015
ü  Pembuatan kurikulum Sekolah
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman segala yang berhubungan dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sampai dengan akhir kegiatan sekolah dalam kurun waktu tahun pelajaran tertentu
 Juli 2015
ü  Pembuatan Perangkat Pembelajaran
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan KBM
  Juli 2015
3.
Membuat jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM)
  Juli 2015
ü  Membuat jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM)
Pendidik
Sebagai acuan dan pedoman kegiatan belajar mengajar
  Juli 2015
ü Membuat jurnal kelas dan jurnal mengajar guru
Pendidik dan ruang kelas
Sebagai hasil dan bukti mengajar guru
  Juli 2015
4.
Pemantauan pelaksanaan KBM guru
ü  Pemeriksaan jurnal guru per minggu
Pendidik
Sebagai hasil dan bukti mengajar guru
5.
Mengadakan jam tambahan kelas IX untuk mapel UN
Nov 2015- April 2016
ü  Penyusunan jadwal jam tambahan kelas IX
Guru mapel UN dan siswa kelas IX
Sebagai persiapan dini dalam menghadapi ujian nasional
Nov  2016
ü  Pelaksanaan jam tambahan kelas IX
Guru mapel UN dan siswa kelas IX
Sebagai persiapan dini dalam menghadapi ujian nasional
Jan- April 2016
6.
Penyusunan Perangkat penilaian
Juli 2015
ü  Penyusunan Perangkat penilaian
Guru mapel
Sebagai pedoman pengolahan data penilaian yang berhubungan kegiatan belajar  mengajar
  Juli 2015
ü  Sosialisasi sistem penilaian
Guru mapel dan Siswa
Sebagai bekal dan pedoman pengolahan data penilaian yang berhubungan kegiatan belajar  mengajar
  Juli 2015
7.
Membuat daftar nilai
  Juli 2015
ü  Membuat daftar nilai
Guru mapel
Sebagai bukti hasil pencapaian hasil belajar siswa
  Juli 2015
8.
Mengadakan Ulangan Tengah semester  (UTS)
Okt 2015 dan
Maret 2016
ü  Mengadakan rapat Persiapan   Ulangan Tengah semester  (UTS)
Pendidik
Supaya pelaksanaan   Ulangan Tengah semester  (UTS)sesuai standar
Okt 2015
Maret 2016
ü  Mengadakan Ulangan Tengah semester  (UTS)
Siswa
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama tengah semester
Okt 2015
Maret 2016
9.
Mengadakan Ulangan Akhir Semester  (UAS)
ü  Mengadakan rapat Persiapan  Ulangan Akhir Semester  (UAS)
Pendidik
Supaya pelaksanaan  Ulangan Akhir Semester  (UAS) sesuai standar
Des 2015
Juni 2016
ü  Mengadakan Ulangan Akhir Semester  (UAS)
Siswa
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama satu semester
Des 2015
Juni 2016
10.
Mengadakan Try out UN
Feb-April
2016
ü  Mengadakan Try out UN
Siswa
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan jam tambahan
  Feb-April
2016
11.
Mengadakan Ujian praktek kelas IX
Maret 2016
ü  Mengadakan Ujian praktek kelas IX
Siswa
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar selama 5 semester
Maret 2016
12.
Pembagian laporan hasil belajar
Juni 2016
ü  Pembagian laporan hasil belajar
Orang tua / wali murid dan Siswa
Sebagai pelaporan pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar
Juni 2016
13.
Melaksanakan rapat kenaikan kelas
  Juni 2016
ü  Melaksanakan rapat kenaikan kelas
Pendidik
Sebagai pelaporan pencapaian hasil belajar siswa selama kegiatan belajar satu tahun pelajaran
  Juni 2016
14.
Melaksanakan sosialisasi ujian sekolah dan ujian nasional
April 2016
ü  Melaksanakan sosialisasi ujian sekolah dan ujian nasional
Orang tua / wali murid dan Siswa
Sebagai pembekalan dan persiapan menyongsong ujian sekolah dan nasional
April 2016
15.
Melaksanakan ujian sekolah (US)
April 2016
ü  Melaksanakan ujian sekolah (US)
Siswa
Sebagai penilaian akhir dan penentu kelulusan siswa dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
April 2016
16.
Melaksanakan ujian nasional (UN)
Mei 2016
ü  Melaksanakan ujian nasional (UN)
Siswa
Sebagai penilaian akhir dan penentu kelulusan siswa dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
Mei 2016
17.
Penentuan kelulusan
Juni 2016
ü  Pembentukan panitia
Guru dan staf karyawan TU
Memperlancar jalannya kegiatan pengumuman kelulusan
  Juni 2015
ü  Pengumuman kelulusan
Siswa
Sebagai hasil perolehan nilai akhir siswa dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
  Juni 2015










































































































































E.      Jadwal Kegiatan
SEMESTER 1
NO
KEGIATAN
WAKTU
1
Workshop Review KTSP
 7-8 Juli
2015
2
Membuat /menyusun Kurikulum Sekolah
Juli
2015
3
Membuat Kalender Pendidikan
Juli
2015
4
Menyusun Perangkat Prmbelajaran
Juli
2015
5
Menyusun Jadwal KBM
Juli
2015
6
Menyusun Perangkat Penilaian
Juli
2015
7
Rapat Persiapan UTS 1
3 Oktober
2015
8
Mengadakan UTS semester 1
5 Oktober
2015
9
Melaksanakan Les/Jam tambahan kelas IX
2-30 Nov
2015
10
Rapatpersiapan Ulangan Akhir Semester 1
3 Des
2015
11
Mengadakan Ulangan Akhir Semester 1
7-12 Des
2015
12
Ulangan Susulan , persiapan Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester 1
14-18 Des
2015
12
Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester 1
19 Des
2015

SEMESTER 2
NO.
KEGIATAN
WAKTU
1
Melaksanakan Les/Jam tambahan kelas IX
11 Jan – 30 April
2016
2
Tryout  UN 1
15 -18
Febr
2016
3
Tes Mid Semester 2 kls 7,8 dan Tes Smtr 2 kls 9
7 - 14
Maret
2016
4
Ujian Praktik
15  - 19 Maret
2016
5
Istighosah Wali Murid & Sosialisasi UN
1
April
2016
6
Ujian Sekolah
4-9
April
2016
7
Tryout  UN 2
18 - 21
April
2016
8
Ziarah dan Istighotsah kelas 9
2
Mei
2016
9
Rapat Pembekalan Pengawas UN
3
Mei
2016
10
Ujian Nasional
9 -12
Mei
2016
11
Ujian Nasional Susulan
16 -19
Mei
2016
12
Pengumuman KELULUSAN
11
Juni
2016
13
Tes Semester 2
30 Mei-4 Juni
2016
14
Kegiatan Harlah / Pekan Seni dan Religi
13-17 Juni
2016
15
Penanggalan& penyerahan Raport Semester 2
18
Juni
2016







BAB IV
PENUTUP
Demikian program kerja bidang kurikulum ini di buat dengan harapan dapat dijadikan bahan masukan dan menjadi pedoman dalam penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan sekolah, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan sekolah bidang kurikulum.
Kami menyadari bahwa masih cukup banyak kekurangan dan kelemahan dalam penyusunan program ini. Oleh karena itu, kami mengharapkan saran kontruksif untuk perbaikan program kerja ini di masa yang akan datang.
Namun demikian, program kerja ini hanya salah satu bagi dalam pensuksesan kegiatan sekolah. Hal yang lebih penting tentunya adalah partisipasi semua pihak dalam berbagai kegiatan sekolah secara aktif dan bertanggung jawab.








LAMPIRAN-LAMPIRAN



0 komentar:

Posting Komentar