KATA PENGANTAR
Dengan memanjatkan puji dan syukur kepada Allah SWT. yang telah melimpahkan rahmat, nikmat, taufiq, hidayah dan
inayahNya sehingga kami selesai dalam menyusun Program Kerja Wakil Kepala Urusan Kurikulum SMP Islam Al-Hikmah Mayong Tahun Pelajaran 2015-2016. Sholawat dan salam semoga senantiasa tetap dicurahkan
kepangkuan beliau Rosulullah Muhammad SAW.
Program ini disusun untuk memberikan
arah yang jelas dalam usaha mempersiapkan dan menyelenggarakan proese
pembelajaran di SMP Islam Al-Hikmah Mayong
dan digunakan sebagai acuan dalam
kegiatan belajar mengajar pada tahun pelajaran 2015-2016. Dengan Program kurikulum ini
diharapkan agar pendidikan yang diselenggarakan di SMP Islam Al Hikmah
dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan yang telah
ditetapkan.
Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan
serta bimbingan demi terselesaikannya Program Kurikulum SMP Islam Al Hkmah Mayong ini semoga bantuan tersebut mendapat
balasan yang lebih baik.
Dalam menyusun Program ini kami berupaya semaksimal mungkin menyajikan
konsep, perangkat, serta strategi yang ideal, namun kami menyadari hasilnya
masih belum sempurna, untuk itu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
BAB I
PENDAHULUAN
A.
PENGERTIAN
Program
Kerja Wakil Kepala Urusan Kurikulum adalah merupakan suatu rancangan yang
sengaja disusun, berisi berbagai kegiatan ayang akan dilakukan dalam proses
pembelajaran, baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler pada SMP Islam
Al-Hikmah Mayong Tahun Pelajaran 2015/2016.
Program
Kerja ini selain mengacu pada Kurikulum SMP Islam Al-Hikmah Mayong. Program Kerja Wakil Kepala Urusan Kurikulum
merupakan upaya penting dan sangat strategis, sebab bidang kurikulum secara
langsung terkait dengan proses pendidikan (pembelajaran) sebagai bagian
terpenting dari keberadaan suatu sekolah.
Maksud disusunnya Program Kerja ini adalah diharapkan dapat bermanfaat
antara lain sebagai berikut :
1.
memberikan arah yang jelas dalam usaha
mempersiapkan dan menyelenggarakan proese pembelajaran;
2.
mengkondisikan personal yang bertugas sebagai
tenaga guru maupun pembantu pelaksana penyelenggaraan pendidikan ;
3.
memberikan kemudahan dalam mengidentifikasi
hambatan-hambatan yang mungkin muncul dalam proses pembelajaran ;
4.
dapat menjadi pedoman kerja dalam usaha mempersiapkan
dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah ;
5.
merupakan dokumen penting yang menjadi acuan,
rujukan, tolok ukur atau pegangan dalam upaya penyelenggaraan proses
pembelajaran,
B.
LANDASAN
Yang
dijadikan landasan operasional dalam penyusunan Program Kerja Wakil Keala
Urusan Kurikulum di SMP Islam Al-Hikmah Mayong
adalah :
1.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 tahun
2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19
tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.
Permendiknas No. 22 Tahun
2006 tentang Standar Isi
4.
Permendiknas No 23 Tahun
2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
5.
Permendiknas No 20 Tahun
2007 tentang Standar Penilaian
6.
Permendiknas No 41Tahun
2007 tentang Standar Proses
7.
Keputusan Gubernur Jawa
Tengah nomor 895.5/01/2005, tentang bahasa Jawa yang termasuk dalam kategori
mata pelajaran
8.
Keputusan Kepala Dinas
Pendidikan Pemuda dan Olahraga kabupaten Jepara No. 420/0192 Tahun 2015 Tentang
Kalender Pendidikan Tahun 2015-2016
9.
Kalender Pendidikan SMP
Islam Al-Hikmah Mayong Tahun 2015-2016
C.
TUJUAN
Program
Kerja Waka Urusan Kurikulum ini disusun dengan tujuan antara lain:
- untuk
menyebarkan kegiatan pokok dan acuan dalam penyelenggaraan kurikulum di SMP
Islam Al-Hikmah Mayong Tahun 2015/2016
;
- sebagai
pedoman kerja bagi kepala sekolah yang didelegasikan kepada Wakil Kepala Urusan
Kurikulum dalam menjabarkan pelaksanaan kegiatan ;
- untuk
menentukan arah yang jelas dalam melaksanakan berbagai kegiatan baik
intrakurikuler maupun ekstrakurikuler ;
- agar
kegiatan penyelenggaraan pembelajaran Tahun Pelajaran 2015/2016 lebih
terarah, terencana, tertib dan lancar ;
- untuk
menunjang usaha sekolah dalam pemingkatkan mutu pendidikan, diantaranya
tertib admninistrasi, optimalisasi proses pembelajaran baik intrakurikuler
maupun ekstrakurikuler ;
- agar
kegiatan pembelajaran dapat terlaksana secara efektif dan efisien ;
- agar
seluruh rangkaian kegiatan proses pembelajaran dapat dijadikan bahan
perbaikan tahun yang akan datang
D.
SASARAN
Program
Kerja Wakil Kepala Urusan Kurikulum ini sengaja dibuat dengan sasaran adalah:
1.
Bagi urusan Kurikulum sebagai langkah awal
perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan kepada Kepala Sekolah ;
2.
Bagi Kepala Sekolah sebagai salah satu instrumen
penilaian kinerja urusan Kurikulum dan proses pembelajaran pada umumnya ;
3.
Bagi para guru sebagai acuan dan pedoman
dalam perencanaan dan pelaksanaan
pembelajaran, penilaian dan remedial ; Bagi Komite Sekolah dalam rangka
memberikan masukan demi peningkatan mutu pendidikan ;
4.
Bagi Pengawas dalam rangka memudahkan fungsi
pembinaan dan kontrol dalam proses pembelajaran.
E. VISI
DAN MISI SMP ISLAM AL-HIKMAH MAYONG
1. Visi
” TERWUJUDNYA GENERASI YANG
ISLAMI DAN BERPRESTASI”.
- Misi
1)
Menyelenggarakan pendidikan yang
berkualitas
2)
Mewujudkan
pembentukan karakter Islam berhaluan
Ahlusunnah Waljamaah
3) Mewujudkan
pembentukan generasi muslim yang berjiwa besar , berpandangan luas dan santun
4)
Meningkatkan
pengetahuan dan profesionalisme tenaga kependidikan
5)
Menyelenggarakan
tata kelola sekolah yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel
BAB II
STRUKTUR KURIKULUM
A.
Struktur
Kurikulum
Struktur kurikulum SMPIslam Al-Hikmah Mayong
adalah sebagi berikut:
Komponen
|
Kelas dan Alokasi
Waktu
|
||
VII
|
VIII
|
IX
|
|
A. Mata Pelajaran
|
|||
1.
Pendidikan Agama
|
2
|
2
|
2
|
2 Pendidikan Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
3.
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
4.
Bahasa Inggris
|
4
|
4
|
4
|
5.
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
6. Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
7.
Ilmu Pengetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
8.
Seni Budaya
|
2
|
2
|
2
|
9.
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
10.Teknologi Informasi dan
Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
B. Muatan Lokal
|
|||
1.
Bahasa Jawa
|
2
|
2
|
2
|
2.
Ketrampilan Ukir
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
2
|
2
|
C. Pengembangan Diri:
|
2*)
|
2*)
|
2*)
|
Jumlah
|
36+2*)
|
36+2*)
|
36+2*)
|
BAB III
PROGRAM KEGIATAAN
Program kegiatan bidang
kurikulum meliputi tiga bidang kegiatan inti, yakni kegiatan belajar mengajar,
penilaian, pengayaan dan remedial.
A.
Kegiatan Belajar Mengajar
Kegiatan belajar mengajar
sebagai salah satu kegiatan kurikulum meliputi kegiatan penyusunan program atau
perencanaan dan pelaksanaan program itu sendiri.
Perencanaan yang harus dipersiapkan
guru yang mengajar berdasarkan Kurikulum
Tingkat
Satuan Pendidikan adalah
2. Program Tahunan
3. Program Semester
4. Silabus
5. Rencana Pembelajaran
Adapun pelaksanaan
kegiatan pembelajaran (KBM) dilaksanakan sesuai Kalender Pendidikan yang telah
diedarkan oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jepara dan
Kalender Pendidikan SMP Islam al-Hikmah Mayong. Kalender pendidikan dan jadwal KBM
terlampir.
B.
Penilaian
Kegiatan penilaian merupakan tindak
lanjut dari pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar. Kegiatan ini terbagi dalam
beberapa bentukyakni:
1.
Ulangan
Harian (tes formatif)
2.
Ulangan Tengah Semester yang dilaksanakan setiap satu
semester sekali
3.
Ulangan
umum (tes sumatif) yang dilaksanakan setiap satu semester sekali.
4.
Penilaian
Tugas
5.
Penilaian
sikap dan perilaku (baik di kelas maupun di luar kelas)
Pelaksanaan kegiatan
Ulangan Harian, Tugas, penilaian sikap dan perilaku dilakukan secara terus
menerus oleh guru dari sejak awal tahun pelejaran hingga akhir tahun pelajaran
atau semester yang bersangkutan. Mulai tahun 2015/2016 setiap guru dituntut untuk
membendel beberapa hasil karya siswa yang dapat dijadikan bahan penilaian
portofolio
Adapun pelaksnaan kegiatan Ulangan
Umum disesuaikan dengan kalender yang berlaku serta berdasarkan kesepakatan
antar beberapa sekolah yang tergabung dalam Kelompok Musyawarah Kepala Sekolah.
C.
Pengayaan dan
Remedial
Kegiatan Pengayaan dan Remedial merupakan tindak lanjut pelaksanaan
penilaian. Dengan ketentuan: pengayaan
diberikan kepada siswa yang telah mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal
(KKM) dan remedial diberikan kepada
siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Belajar Minimal (KKM).
Adapun KKM SMP
Islam Al-Hikmah Mayong pada tahun pelajaran 2015/2016 adalah sebagai berikut:
No
|
Mata Pelajaran
|
Kelas VII
|
Kelas VIII
|
Kelas IX
|
|
Pendidikan
Agama Islam
|
75
|
75
|
75
|
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
70
|
70
|
70
|
|
Bahas
Indonesia
|
70
|
70
|
70
|
|
Bahasa
Inggris
|
68
|
68
|
68
|
|
Matematika
|
68
|
68
|
68
|
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
68
|
68
|
68
|
|
Ilmu
Pewngetahuan Sosial
|
70
|
70
|
70
|
|
Seni
Budaya
|
75
|
75
|
75
|
|
Penjasorkes
|
75
|
75
|
75
|
10.
|
Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
70
|
70
|
70
|
11.
|
Aqidah
Akhlaq
|
75
|
75
|
75
|
12.
|
Bahasa
Jawa.
|
70
|
70
|
70
|
13.
|
Ketrampilan Ukir
|
75
|
75
|
75
|
D. Rincian Program
No.
|
PROGRAM/
BENTUK
KEGIATAN
|
SASARAN
|
TUJUAN
|
WAKTU
PELAKSANAAN
|
1.
|
Penyusunan Program Kurikulum
|
Pendidik
Siswa
|
menyebarkan
kegiatan pokok dan acuan dalam penyelenggaraan kurikulum di SMP Islam
Al-Hikmah Mayong Tahun 2015/2016
|
Juli 2015
|
2.
|
Menyusun Kalender
Pendidikan
|
Juli 2015
|
||
.
|
ü Menyusun Kalender Pendidikan
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman kegiatan sekolah
|
Juli 2015
|
3.
|
Meningkatkan pemahaman
guru tentang KTSP
|
Juli 2015
|
||
ü Melaksanakan Workshop Review KTSP
|
Pendidik
|
Memahami dan melaksanakan KTSP
|
Juli 2015
|
|
ü Pembuatan kurikulum Sekolah
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman segala yang berhubungan
dengan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar sampai dengan akhir kegiatan
sekolah dalam kurun waktu tahun pelajaran tertentu
|
Juli 2015
|
|
ü Pembuatan Perangkat Pembelajaran
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman pelaksanaan KBM
|
Juli 2015
|
|
3.
|
Membuat jadwal kegiatan
belajar mengajar (KBM)
|
Juli 2015
|
||
ü Membuat jadwal kegiatan belajar
mengajar (KBM)
|
Pendidik
|
Sebagai acuan dan pedoman kegiatan belajar mengajar
|
Juli 2015
|
|
ü Membuat jurnal kelas dan jurnal
mengajar guru
|
Pendidik dan ruang kelas
|
Sebagai hasil dan bukti mengajar guru
|
Juli 2015
|
|
4.
|
Pemantauan pelaksanaan KBM
guru
|
|||
ü Pemeriksaan jurnal guru per minggu
|
Pendidik
|
Sebagai hasil dan bukti mengajar guru
|
||
5.
|
Mengadakan jam tambahan
kelas IX untuk mapel UN
|
Nov 2015- April 2016
|
||
ü Penyusunan jadwal jam tambahan
kelas IX
|
Guru mapel UN dan siswa kelas IX
|
Sebagai persiapan dini dalam menghadapi ujian
nasional
|
Nov 2016
|
|
ü Pelaksanaan jam tambahan kelas IX
|
Guru mapel UN dan siswa kelas IX
|
Sebagai persiapan dini dalam menghadapi ujian
nasional
|
Jan- April 2016
|
|
6.
|
Penyusunan Perangkat
penilaian
|
Juli 2015
|
||
ü Penyusunan Perangkat penilaian
|
Guru mapel
|
Sebagai pedoman pengolahan data penilaian yang berhubungan
kegiatan belajar mengajar
|
Juli 2015
|
|
ü Sosialisasi sistem penilaian
|
Guru mapel dan Siswa
|
Sebagai bekal dan pedoman pengolahan data penilaian
yang berhubungan kegiatan belajar mengajar
|
Juli 2015
|
|
7.
|
Membuat daftar nilai
|
Juli 2015
|
||
ü Membuat daftar nilai
|
Guru mapel
|
Sebagai bukti hasil pencapaian hasil belajar siswa
|
Juli 2015
|
|
8.
|
Mengadakan Ulangan Tengah
semester (UTS)
|
Okt 2015
dan
Maret
2016
|
||
ü
Mengadakan rapat Persiapan Ulangan Tengah semester (UTS)
|
Pendidik
|
Supaya pelaksanaan Ulangan Tengah semester (UTS)sesuai
standar
|
Okt 2015
Maret
2016
|
|
ü Mengadakan Ulangan Tengah
semester (UTS)
|
Siswa
|
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa
selama tengah semester
|
Okt 2015
Maret 2016
|
|
9.
|
Mengadakan Ulangan Akhir
Semester (UAS)
|
|||
ü
Mengadakan rapat Persiapan Ulangan Akhir Semester (UAS)
|
Pendidik
|
Supaya pelaksanaan Ulangan Akhir Semester
(UAS) sesuai standar
|
Des 2015
Juni 2016
|
|
ü Mengadakan Ulangan Akhir
Semester (UAS)
|
Siswa
|
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa
selama satu semester
|
Des 2015
Juni 2016
|
|
10.
|
Mengadakan Try out UN
|
Feb-April
2016
|
||
ü Mengadakan Try out UN
|
Siswa
|
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa
selama kegiatan jam tambahan
|
Feb-April
2016
|
|
11.
|
Mengadakan Ujian praktek
kelas IX
|
Maret 2016
|
||
ü Mengadakan Ujian praktek kelas IX
|
Siswa
|
Sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar siswa
selama kegiatan belajar selama 5 semester
|
Maret 2016
|
|
12.
|
Pembagian laporan hasil
belajar
|
Juni 2016
|
||
ü Pembagian laporan hasil belajar
|
Orang tua / wali murid dan Siswa
|
Sebagai pelaporan pencapaian hasil belajar siswa
selama kegiatan belajar
|
Juni 2016
|
|
13.
|
Melaksanakan rapat
kenaikan kelas
|
Juni 2016
|
||
ü Melaksanakan rapat kenaikan kelas
|
Pendidik
|
Sebagai pelaporan pencapaian hasil belajar siswa
selama kegiatan belajar satu tahun pelajaran
|
Juni 2016
|
|
14.
|
Melaksanakan sosialisasi
ujian sekolah dan ujian nasional
|
April 2016
|
||
ü Melaksanakan sosialisasi ujian
sekolah dan ujian nasional
|
Orang tua / wali murid dan Siswa
|
Sebagai pembekalan dan persiapan menyongsong ujian sekolah
dan nasional
|
April 2016
|
|
15.
|
Melaksanakan ujian sekolah (US)
|
April 2016
|
||
ü Melaksanakan ujian sekolah (US)
|
Siswa
|
Sebagai penilaian akhir dan penentu kelulusan siswa
dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
|
April 2016
|
|
16.
|
Melaksanakan ujian nasional (UN)
|
Mei 2016
|
||
ü Melaksanakan ujian nasional (UN)
|
Siswa
|
Sebagai penilaian akhir dan penentu kelulusan siswa
dalam proses KBM dalam satu tahun pelajaran
|
Mei 2016
|
|
17.
|
Penentuan kelulusan
|
Juni 2016
|
||
ü Pembentukan panitia
|
Guru dan staf karyawan TU
|
Memperlancar jalannya kegiatan pengumuman kelulusan
|
Juni 2015
|
|
ü Pengumuman kelulusan
|
Siswa
|
Sebagai hasil perolehan nilai akhir siswa dalam
proses KBM dalam satu tahun pelajaran
|
Juni 2015
|
E. Jadwal Kegiatan
SEMESTER 1
NO
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
|
1
|
Workshop Review KTSP
|
7-8 Juli
|
2015
|
2
|
Membuat /menyusun Kurikulum Sekolah
|
Juli
|
2015
|
3
|
Membuat Kalender Pendidikan
|
Juli
|
2015
|
4
|
Menyusun Perangkat Prmbelajaran
|
Juli
|
2015
|
5
|
Menyusun Jadwal KBM
|
Juli
|
2015
|
6
|
Menyusun Perangkat Penilaian
|
Juli
|
2015
|
7
|
Rapat Persiapan UTS 1
|
3 Oktober
|
2015
|
8
|
Mengadakan UTS semester 1
|
5 Oktober
|
2015
|
9
|
Melaksanakan Les/Jam tambahan kelas IX
|
2-30 Nov
|
2015
|
10
|
Rapatpersiapan Ulangan Akhir Semester 1
|
3 Des
|
2015
|
11
|
Mengadakan Ulangan Akhir Semester 1
|
7-12 Des
|
2015
|
12
|
Ulangan Susulan , persiapan Penyerahan Buku Laporan Hasil
Belajar Semester 1
|
14-18 Des
|
2015
|
12
|
Penyerahan Buku Laporan Hasil Belajar Semester 1
|
19 Des
|
2015
|
SEMESTER 2
NO.
|
KEGIATAN
|
WAKTU
|
|||
1
|
Melaksanakan Les/Jam tambahan kelas IX
|
11 Jan – 30 April
|
2016
|
||
2
|
Tryout UN 1
|
15 -18
|
Febr
|
2016
|
|
3
|
Tes Mid Semester 2 kls 7,8 dan Tes Smtr 2 kls 9
|
7 - 14
|
Maret
|
2016
|
|
4
|
Ujian Praktik
|
15 - 19 Maret
|
2016
|
||
5
|
Istighosah Wali Murid &
Sosialisasi UN
|
1
|
April
|
2016
|
|
6
|
Ujian Sekolah
|
4-9
|
April
|
2016
|
|
7
|
Tryout UN 2
|
18 - 21
|
April
|
2016
|
|
8
|
Ziarah dan Istighotsah kelas 9
|
2
|
Mei
|
2016
|
|
9
|
Rapat Pembekalan Pengawas UN
|
3
|
Mei
|
2016
|
|
10
|
Ujian Nasional
|
9 -12
|
Mei
|
2016
|
|
11
|
Ujian Nasional Susulan
|
16 -19
|
Mei
|
2016
|
|
12
|
Pengumuman KELULUSAN
|
11
|
Juni
|
2016
|
|
13
|
Tes Semester 2
|
30 Mei-4 Juni
|
2016
|
||
14
|
Kegiatan Harlah / Pekan Seni dan Religi
|
13-17 Juni
|
2016
|
||
15
|
Penanggalan& penyerahan Raport Semester 2
|
18
|
Juni
|
2016
|
|
BAB IV
PENUTUP
Demikian
program kerja bidang kurikulum ini di buat dengan harapan dapat dijadikan bahan
masukan dan menjadi pedoman dalam penyusunan dan pelaksanaan program kegiatan
sekolah, khususnya yang berkaitan dengan kegiatan sekolah bidang kurikulum.
Kami menyadari bahwa masih cukup banyak
kekurangan dan kelemahan dalam penyusunan program ini. Oleh karena itu, kami
mengharapkan saran kontruksif untuk perbaikan program kerja ini di masa yang
akan datang.
Namun demikian, program kerja ini hanya
salah satu bagi dalam pensuksesan kegiatan sekolah. Hal yang lebih penting
tentunya adalah partisipasi semua pihak dalam berbagai kegiatan sekolah secara
aktif dan bertanggung jawab.
0 komentar:
Posting Komentar